Tuesday 22 June 2010

R.I.P for my lovely yunhi



baw,
suatu hari aku pernah jatuh cinta.
pada pandangan pertama.
bukan cinta eros atau amore,
tapi semacam suka dan adore.
kagum dan selalu menganggap orang tersebut keren.

dia cewek.
namanya yunhi.
orang korea...

dia pacar temanku yang bernama char***.
mereka bertenu di bali dan yunhi langsung ikut ke jakarta.
mereka jatuh cinta begitu hebat.

yunhi nggak pulang lagi ke korea, tapi tiap bulan dia masih selalu minta papanya yang sayang banget sama dia untuk transfer ke rekeningnya di jakarta. dia memutuskan dengan sangat impulsive dan tanpa pikir panjang, untuk follow apa yang menurutnya adalah cinta.

char*** baru lulus dari UPH langsung cari duit semampu dia dan mereka tinggal bersama, menyewa sebuah hometown dan hidup bersama seekor anjing huski.

yunhi cantik banget.
dalam artian yang sesungguhnya, di mataku.

dia cakep,
rambutnya kayak helm,
dia berkelakuan suka-suka dia
dan semua orang masih selalu mencintainya.

di suatu party, dia dengan enteng mencium bibir nicholas saputra, dan si nico dengan penasaran dan tertarik langsung nanya itu siapa? eh trus tuh anak cewek badung balik lagi, nyium si nico lagi, ciuman yang hot di depan orang-orang. si teteh menceritakan peristiwa ini dengan semangat suatu siang. dan dasar yunhi gila, mendengar dia ditanyain sama nico, dia smaperin lagi tuh cowok dan bilang, "...i'm a transgender actually'. si nico langsung muntah-muntah...

yunhi gila yah baw?
keren kan?

:p

orlov (suenke) pernah suka banget sama dia, dan dengan mudahnya dia dapet kerjaan di perusahaan korea di jakarta hanya karena dia cakep dan bisa bahasa korea. kerjanya: nge-desain web. tapi yang ngerjain sesungguhnya: CHAR***, pacarnya dia itu. dia tentu saja punya staff, 2 orang freshgraduated dari ITB, sedang yunhi sendiri adalah manager mereka.

yunhi gila.

dia pernah bawa char*** diiket lehernya dan mereka berdua lalu jalan-jalan di mall. acting 'the pet and the master'. pasangan gila! kadang si char*** disuruh merangkak di lantai dan si yunhi ketawa-ketawa nyuapin dia kayak ibu ke bayinya kalau mereka lagi makan di foodcourt atau sebangsanya.

suatu hari aku jadi penulis buat company profile salihara. char*** dan yunhi ada. aku nggak penah bisa berhenti memandang takjub si yunhi. bukan hanya dia korea dan cakep, tapi dia tahu pasti kalau aku jatuh cinta sama dia.

dia melakukan hal tersebut lagi di tempat suting: di rumah maya hasan. mereka berlagak pura-pura jadi 'binatang peliharaan dan tuan' lagi. lagi-lagi charlie jadi anjing dan yunhi jadi pemiliknya, the master.

trus setelah itu aku baru lihat..., si yunhi ini bener-bener gila. emang itu anak sinting dalam artian yang sesungguhnya. permainan yang kupikir asalnya menyenangkan itu, sekarang jadi mulai bikin kuatir.

char*** berkali-kali bilang, 'hon, i cant continue this gam, we are working,' tapi di yunhi nggak perduli. dia ngerajuk kayak anak kecil. dan kami semua yang lagi suting jadi melirik ke arah dia..

kasian banget char***, baw...
akhirnya mencoba menenangkan yunhi. acting like he is a dog. trus yunhi ketawa-ketawa menganggap semua itu lucu. aku cuma bisa menyaksikan sambil meringis kasian sama char***

trus lama nggak pernah ketemu char*** dan yunhi. terakhir setahun lalu dengar kabar kalau yunhi balik FOR GOOD ke korea. kata adit - teman char***, hampir selama dua bulan char*** nangis. tapi nggak dibolehin yunhi untuk nyusul dia ke korea.

waktu kids fest bulan mei kemarin, nggak sengaja aku ketemu char*** di Blitz Pacific Place. sekarang pacar char*** orang jepang. cakep. secara visual. tapi bagiku hampa makna. beda dengan yunhi yang meluap, menggoda, gila, penuh emosi, dan ternyata beneran sinting hingga kadang bikin tengkuk merinding.

tapi aku jatuh cinta
aku suka sama yunhi
mungkin sebagai observer, kalau sebagai orang yang hidup sehari-hari bersama yunhi seperti char***, entahlah... akankah bisa masih cinta dan suka?

tapi buktinya...
segila apapun yunhi,
char*** masih suka saja sama dia..
nangis parah ketika dtinggalkan
sempat melarikan diri dengan cari kerjaan ke kalimantan

semalam...
sepulang dari ulangtahun teman yang bikin aku pulang ke rumah hampir jam3-an itu, dalam perjalanan aku mendengar kabar.

YUNHI MATI
Tiga bulan lalu dia bunuh diri.

aku menjerit baw
aku kaget dan histeric

yunhi cakep banget dan gila

dan katanya... konon yunhi memang sempat sakit, badan dan mental. lalu suatu hari pulang ke rumahnya dari rumah sakit. ketika semua keluarganya berpikir kalau yunhi sudah baik-baik saja dan membiarkan dia sendirian di rumah.. yunhi bunuh diri. pake saluran air shower yang terbuat dari besi itu. dia mati di kamar mandi. dan katanya, yunhi cakep banget. dia seolah sengaja dandan. full make up. lengkap dengan gaun dan sepatu.

mendengar cerita tragis tentang yunhi dari teman sepulang ultah party semalam, aku sedih banget baw. seolah ada yang berderak patah di dalam sana, hatiku remuk.

yunhi cakep banget
gila
inspiring
penuh pesona
bikin kita ngerasa konyol tapi juga keren kalau bareng dia
cewek cakep yang kutahu belakangan ternyata emang sakit beneran...

ah abaw,
trus kubaca surat balasan darimu di inbox facebook-ku. dan aku tahu..., aku ingin mengabarimu tentang yunhi. cewek yang aku kagumi. masih berumur 24 sama dengan kamu tapi udah menyerah sama kehidupan entah karena apa.

padahal dia selalu berkilau
padahal dia tak pernah kehilangan cahaya
sesuatu di dadanya, pasti itu adalah lubang hitam yang menyerap cahaya itu diam-diam.

abaw,
aku masih mau cerita padamu...
banyak..

abaw,
aku sedih untuk yunhi
hari ini..


~*timun.

No comments:

Post a Comment