Monday 14 June 2010

cuma tomat. tak ada kulkas...




tadi denger radio pagi-pagi.
berita yang dibaca penyiarnya bilang tentang peristiwa yang udah aku denger tapi lupa-lupa terus untuk bilang ke kamu.

tentang regulasi harga tarif becak di yogya.

udah denger dari 2 hari yang lalu siyh sebenarnya. udah pengen juga tanya kamu, "kamu tahu kan berita itu? ada kaitannya dengan isi isu docu pendek yang mau kamu bikin loh.." itu bila memang kamu mau melanjutkan, dan nggak cuman seependek durasi 7 menit yang diminta digital native.

jadi, secara kamu tahu aku orangnya spontan.
tadi pagi... ketika berita itu menyambar
pas aku lagi bikin surat buat riset doc-ku,
aku langsung aja telpon kamu.

tapi tak di angkat.
kupikir kamu pasti masih pemoloran. hehehe. dan cuaca serta angin pagi yang sejuk sedang menjelang siangpun lantas membuatku terlupa dengan telpon pagi dan sms-nya yang kukirim ke kamu jam sepuluh itu (kalau tak salah).

tapi sore berangkat menuju malam.
saat satu persatu pesan dari teman-temanku berdatangan di kotak inbox,
begitu saja aku ingat pesan pagiku padamu

tak berjawab...
tak berbalas...


aku tak mau berpikir yang tidak-tidak: kamu pasti lagi nggak punya pulsa

cukup begitu saja pikiran yang kutanam di kepala. nggak mau nanem pikiran yang lain lagi. nggak mau kasih benih untuk tumbuh pikiran lain selain hal tersebut. pikiran semisal... yah banyaklah. hehehe. lagi pula sejujurnya aku agak trauma, takut dituduh minta dibalas atau ngeri kamu merasa dituntut untuk membalas. or something seperti itulah, yang kalau kuingat-ingat lagi (untung udah nggak gitu ingat. sengaja juga siyh sebenarnya kukaburkan di kepalaku karena kadang sakit kalau ingat peristiwa itu), ngerinya bikin traumaku kambuh lagi... *HALAH! :p

so...,

pagi tadi aku cuma mau ngasih tahu gitu doang kok. tentang berita di koran, radio, dan tipi itu. tentang argo yang akan berlaku bagi para tukang becak di yogya. dan pasti mas harry akan kena dampaknya. dia salah satu penyedia jasa becak juga kan...


kalau tentang isu, atau tentang kerjaan yang terkait dengan kamu, aku concern. masih. nggak tahu kenapa. mungkin karena kita sama-sama kerja di bidang 'gambar& suara', tapi tentang urusan yang berkenaan dengan pribadimu - bahkan tentang bagaimana kabarmu, aku sudah tak ingin membahasnya lagi. bukannya nggak perduli. tapi aku tahu kamu pasti baik-baik saja di sana. kamu pasti jauh lebih baik dari aku, di yogya.

lagian...

kamu udah gede,
kamu udah punya banyak pengalaman
kamu udah bisa bikin keputusan2
kamu bisa nyanyi kalau lagi sedih
kamu bisa ketawa kalau lagi seneng
kamu punya teman-teman yang banyak
kamu sedang ada fokus pekerjaan (sekarang)
kamu bisa mengatur dirimu sendiri
kamu punya banyak hal yang sepertinya telah kamu buktikan
kalau untuk yang sifatnya emosi dan pribadi... kamu pasti baik-baik saja...


jadi aku no worries tentang kamu
aku percaya sama kamu
udah kamu buktikan juga kalau emosimu juga jauh lebih woke dari aku

tapi kadang tentang kerjaan...
entah kenapa aku masih ingin mengingatkan..
masih ingat kamu
tapi hanya tentang kerjaan

seperti isu soal regulasi becak di yogya yang tadi pagi ku dengar dari berita
yang mungkin akan membuat lebih seru cerita docu-mu
yang mungkin akan lebih menguatkan lagi story untuk development karakter yang kamu ikuti.. membuat dia lebih human. manusiawi. tapi tak impune dengan kondisi.


cuma itu, baw...

sebab yang berkenaan dengan perasaan

...kamu adalah salah satu orang yang bikin aku tambah yakin akan kebenaran tulisan ayu (utami) tentang dua hal: tomat dan kulkas

di mana di salah satu lembar halaman SAMAN, tertulis:


tak ada yang abadi.
semuanya seperti tomat.
menggemaskan hari ini lalu layu esok pagi.
tak ada kulkas.


...pernah sekilas bersama denganmu, membuatku kini tahu baw,
kalau kamu adalah salah seorang nabi yang memang dikirim tuhan untukku.
nabi yang membuatku makin mengimani hal ini:

tentang tak ada kulkas.
tentang semuanya yang bagiku berarti dan kupikir adalah emas
ternyata bagi seseorang semuanya cuma tomat saja:
menggemaskan hari ini, lalu layu esok pagi. tak ada kulkas. tak ada pijer atau borax untuk mengawetkannya. membuatnya lebih lama menjadi gumpalan tabula rasa.

tak ada.
dimana-mana cuma tomat
dan tak ada pula yang jual kulkas


~~~~~~~*

ya, ya...
kini aku cuma bisa senyum-senyum ajah.
cuma bisa senyum-senyum sendiri saja bila mengingatnya semuanya: kamu dan segenap peristiwa yang cuma terjadi dari januari sampai mei tahun ini

hidup adalah tentang kita percaya atau tidak, bukan?
dan aku percaya,
meski sebentar dan ternyata cuma tomat
yang kemarin denganmuitu adalah kehidupan dan bukan mimpi doang

in a way,
still,
you are my friend
my very friend...

so someday,
may be we will meet again... ***

No comments:

Post a Comment